Berapa Harga Buyback Dinar itu ?

Selama ini kita mengenal spread jual beli dinar itu di angka 4% , anda bisa cek di geraidinar.com , itu asumsi membeli dinar di geraidinar.com dan anda menjual ke jaringan mereka, tapi bila kita menjual di bukan jaringan mereka maka dipastikan harganya tentu berbeda. Sama halnya kita membeli dinar di Logam Mulia Antam dan di Wakala Induk Nusantara tentunya berbeda. Khusus Wakala Induk Nusantara tidak ada informasi mengenai buyback dinar, jadi perlakuannya dianggap kita menjual dinar ke toko emas atau sejenisnya.

Kita bagi perhitungan Dinar dari berbagai provider Dinar, kita bagi 3 yaitu Dinar dari Logam Mulia Antam, Gerai Dinar, dan Wakala Induk Nusantara ( di ambil data karena ada kesamaan spesifikasi dinar yaitu kadar 91.7% berat 4,25 gram )

Pertama, kita membeli dinar dari Logam Mulia, harga yang tertera pada hari ini 16 maret 2019 yaitu 2.512.322 jika plus PPN maka didapat harga 2.763.544 , saya tidak mengenakan PPH 22 karena tertera itu untuk emas batangan. Untuk hari ini berapa buyback Dinar jika kita menjual Dinar produksi Antam ke Antam ( Buyback dinar hanya bisa dilakukan di Kantor Logam Mulia di Pulogadung)? maka akan didapat buyback 2.326.658 dan diperoleh data spread jual beli itu sekitar 14.97 %

Kedua , ketika kita membeli dinar dari Gerai Dinar ( cetakan antam dan peruri + nota bukti pembelian dr mereka) maka spread sudah fix di 4% , tapi yang jadi pertanyaan bagaimana jika dijual di tempat yang tidak ada jaringan Gerai Dinar. Jika anda menjual ke Logam Mulia maka spread untuk harga 2.373.457 ( khusus yang cetakan antam) – harga Gerai Dinar dan Buyback Antam 2.326.658 maka didapat spread 1.97% ( asumsi anda harus jual ke Logam Mulia Pulogadung dan jika ada potongan PPH maka spread bertambah 1.5% – 3% jika di atas 10 Juta, ini baru asumsi jika dikenakan PPH 22). Spread jual beli bertambah jika anda di luar kota dan spread bisa mencapai lebih dari 10% karena Dinar dianggap perhiasan bukan emas murni spt emas batangan)

Ketiga, bagaimana dengan Dinar dari Wakala Induk Nusantara, harga harian biasanya gak jauh beda, saya lihat tanggal 15 Maret 2019 dan 16 Maret 2019 sama di 2,65 Juta. Berapa spread buybacknya ? Anggap saja kita ambil data spread dari data Gerai Dinar buyback di luar jaringan bisa lebih dr 10 % dan kita ambil data moderat 10% maka didapat 2.136.111 maka spread harga jual dan buyback Dinar dr Wakala Induk Nusantara 19.39 %

Darisini kita dapat profil spread Harga Jual dan Harga Buyback Dinar yah, nanti ke depannya kita benchmarking dengan Emas Batangan dari berbagai Pecahan supaya dapat acuan apakah baiknya kita memilih Dinar atau Emas Batangan. Sampai Jumpa di Artikel berikutnya.

Disclaimer : Data di atas masih bisa berubah, spt pengenaan PPH 22 apa itu hanya untuk emas batangan atau juga untuk Dinar , atau juga data data penerimaan semisal di toko emas dll tentu berbeda beda dari angka moderat hingga ekstrim.

Please follow and like us:

Topic:

Just For You