Bagaimana Hukum M-Dinar ?

Jujur ketika saya menjadi agen Gerai Dinar, saya tidak begitu kritis akan hukum M-Dinar apalagi dalam Fiqh Muamalah kontemporer akan kita jumpai model model semisal M-Dinar jadi saya beranggapan hal ini diperbolehkan. Saya sendiri masih belum mendapatkan penjelasan yang detil mengenai M-Dinar, walaupun disebutkan di M-Dinar bahwa akun M-Dinar itu di Qiyaskan seperti kunci gudang gandum, yang suatu saat kita bisa ambil gandumnya CMIIW.

Memang untuk sebuah hukum sebuah akad jual beli harus terperinci, pemilik M-Dinar harus menjelaskan detilnya juga pakar yang menelaahnya pun haruslah ulama yang paham Fiqh Muamalah yang mumpuni dan saya tidak punya keilmuan akan itu ( M-Dinar).

Tapi untuk saat ini saya sarankan untuk memiliki fisik dinar dengan syarat jual beli secara hand to hand ( Tanpa ada penundaan waktu) dan cara ini yang saya yakini lebih selamat ( terhindar dari riba nasiah).

Sedangkan untuk akad M-Dinar sendiri adalah yang selama ini agak mengganjal adalah :

  • Apakah setiap dinar di dalam M-Dinar diback up oleh dinar atau emas batangan, karena dulu saya pernah melihat praktek akad salam ( pesanan ) pada saat permintaan dinar melonjak dan fisik belum dicetak dan setiap pemesan dicatat di m-dinar dan itu diback up oleh emas batangan.
  • Perkara Qiyas kunci gudang gandum, maka akan didapatkan pada persoalan pecahan dinar, apakah itu terwakili fisik jika ditarik? dan itu tidak ada pecahan nol koma disediakan Gerai Dinar, jadi asumsi kunci gudang gandum jadi bias karena jika pecahan kecil kita tidak bisa tarik fisiknya kecuali jika sdh dikonversi ke rupiah.

Yang menjadi syubhat bahwa M-Dinar lebih dekat ke cicil emas, artinya ketika sdh bulat pecahannya maka bisa diambil fisiknya kalau skemanya spt cicil emas tentunya ini tidak diperbolehkan. Tapi kalau seperti menyimpan walaupun pecahan maka ini lebih mirip E-Money.

Semoga ada jawaban dari pihak Gerai Dinar dan telah dilakukan Assesment oleh Ulama Fiqh Muamalah yang memiliki expertise di Financial Technologi . Semoga saja ada jawabannya.

Please follow and like us:

Topic:

Just For You