Mending Beli Emas Batangan atau Dinar ?

Mendapatkan Leads di FB ADS
October 21, 2017
Bolehkah Jual Beli Dinar dan Emas Melalui Marketplace ?
October 26, 2017

Mending Beli Emas Batangan atau Dinar ?

Dalam penilaian objektif saya sebagai pengguna dan memperlihatkan realita maka sebaiknya kita jika ingin berinvestasi ( dapat return dari harga jual atau beli) baiknya emas batangan, kami harus jujur bahwa emas batangan jika dibenchmark dengan dinar walau itu dinar dari antam tetap emas batangan lebih dominan, dan bukan berarti dinar tidak ada kelebihan. Dinar dapat berkembang dengan asumsi mulai berbenah, baik pihak pengedarnya dan penggunanya juga.
Jadi apa point plus Emas Batangan :

1. Emas batangan tersedia dalam pecahan terkecil hingga 0.5 gram dan itu bentuk fisik. Kami sarankan jual beli emas batangan secara tunai, pecahan kecil dapat dijadikan pilihan.

2. Penerimaan Buyback lebih baik. Jika ada jaminan buyback dari provider dinar maka perlu dipertimbangkan, karena kami pernah kaji harga bisa disetting sesuka hati, malah bisa di bawah harga bahan emas murni. Jika anda berada di kota yang tidak terjangkau agen/wakala harga buyback dinar rendah karena dinilai sebagai perhiasan bahkan walau ada butik antam, koin emas dinar belum tentu diterima.

3. Pajaknya lebih tinggi, pajak untuk emas batangan 0,45 % ( bagi pemilik npwp ) dan 0.9 % ( tidak memiliki npwp) dan tidak dikenai pajak tambahan lagi bagi pedagang, sedangkan dinar dikenakan PPN 2 % dan 1% pajak final ( jika omset di bawah 4.8M)

4. Penerimaan oleh masyarakat lebih baik karena itu merupakan emas murni dibanding dinar, jika ada history dengan sejarah Islam maka baiknya dinar digunakan sebagai alat tukar dan di kita restricted dengan undang undang mata uang

Bagaimana kekurangan Dinar? dari point di atas kita sdh memahaminya dan kami pun memberikan point untuk pengguna yang ingin membeli dinar adalah sebagai berikut:

1. Jika untuk investasi maka kami tidak sarankan namun jika ingin menabung jangka panjang kami sarankan misal di atas 5-10 tahun. Belilah dalam bentuk fisik 1 dinar, jangan memaksa dengan mencicil atau membeli dalam pecahan, karena kami kawatir akadnya masih samar apakah diperbolehkan atau jatuhnya seperti mencicil ( insya Allah hal ini akan kami tanyakan kepada pakarnya)

2. Jika untuk muamalah misal barter , dipersilahkan misal dengan 1 ekor kambing atau hal lainnya.

3. Untuk hadiah sangat bagus karena dikemas dalam kemasan ekslusif

Sedangkan untuk provider :

1. Untuk provider dinar maka kami sarankan untuk berpindah ke dinar 24 K, karena dinar saat ini tidak berpindah tangan ( faktor durability) dan pertimbangan penerimaan pasar dan pajak pajak yang melekat kepada dinar

2. Jika memiliki account pool maka kami sarankan dalam bentuk terwakili fisik misal 1,2.3 dan seterusnya ( nominal dinar) , jangan ada keterwakilan dengan pecahan karena secara fisik pun tidak ada jika konsumen ingin mengambilnya dan akadnya supaya jelas apakah ini akad wadiah atau akad tabungan ( ada bagi hasil- mudhorobah , catatan bagi hasil pun harus jelas) dan terhindar dari perihal yang samar maka semua dalam bentuk dinar, tidak ada dalam bentuk rupiah kecuali memang sedang diputarkan ke dalam sektor ril.

Semoga ke depannya kita temukan dinar 24 K dengan beraneka ragam pecahan, sehingga terjangkau dan sistem akun pool yang akadnya jelas atau tidak samar.

Kita mengingat kejadian disruptive dalam teknologi saat ini, maka supaya dinar terus eksis perlu berbenah serta dukungan dari pengguna, pembuat kebijakan dan provider dinar dan itu sangat memungkinkan.

Receive Updates

No spam guarantee.

Related Post

Dinarku – Mana Dinarmu ?   Dinar dulu digunakan sebagai mata uang , walau saat ini bukan sebagai mata uang ( legal tender) tp dinar tetaplah uang menurut saya. Dinar is Ultim...
Uang Ideal = Perfect Money Semua menginginkan memiliki uang yang ideal, ideal disini uang tersebut selain sebagai alat mengukur kekayaan juga terjaga nilainya sepanjang masa. ...
DINAR | DO’s and DONT ‘s |         Ada beberapa yang harus dipahami dalam menggunakan Dinar baik ketika membeli ataupun saat menjual.     Gunakanlah dinar sebagai investasi ...
Buyback Dinar Selain GeraiDinar Bagi yang memiliki Dinar dari Wakala Induk Nusantara dengan cetakan logam mulia, baik yang pecahan ¼ – 2 Dinar dapat menjual kepada kami dengan rincia...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *