Yang Baru Ngeh…..Penting untuk Pencerahan

Saya sdh lama berkecimpung di dunia dinar dan walhamdulillah sudah tidak berafiliasi dengan provider dinar satu pun. Masih membekas di ingatan saya bahwasanya dulu saya sering membela penggunaan dinar dan dirham, tapi sekarang justru prihatin dengan apa yang nampak terjadi ( jadi saya ikut bersalah, hiks ) . Apa saja itu? Eta terangkanlah ­čÖé

MISAL…..

– Jual beli dinar seringkali meremehkan akad jual beli tunai, biasanya tertunda , ada yang beralasan yang penting niat. Padahal Islam memberikan batasan tentunya ada kebaikan di dalamnya. Penggiat dinar malah ada yang berkata : ” Kalau jual gak bisa online, gimana mau tersebar” besok besoknya ketika dinar lesuh dia berkata : ” Susah jual dinar, dilibas emas batangan, mana ada butik ANTAM tiap kota”. Mereka lupa bahwa Zuhud adalah meninggalkan yang samar.

– Menjual dinar yang belum ada wujudnya, dulu di tahun 2012 banyak order dinar, dan salah satu penggiat dinar terus menerima pesanan dalam bentuk akun pool walaupun realnya masih emas batangan, saya sampai skrg pun berasumsi jika akun pool itu isinya bukan dinar semua tapi ada emas batangan. Mengapa emas batangan? LEBIH LIKUID jawabannya.. jadi sebenarnya yg terlihat spt jual beli dinar yang realnya sih perputaran uang atau emas batangan dan dinarnya di awang awang.

– Garansi Buyback, di satu sisi wow banget ada buyback garansi, padahal ini namanya pengelabuan, namanya emas harusnya dibuat yang bisa diterima dimana saja.Untuk Dinar 22 K lupakan harga buyback di pasaran bagus, adanya JATUH. Dirham apalagi. Untuk wakala dan agency hanya kebagian resiko. Mau contoh : harga produksi Dirham Khamsa itu sekita 220-250, dijual 350.000. Sebar saja ke agen, resiko buyback tanggung di agency. Apalagi Agencynya jauh jauh masa iya mau cairkan Dirham harus kirim ke Jakarta?

– Grafik Harga Dinar itu disebut sebagai layanan premium dan memberikan informasi yang jujur. Faktanya pernah dalam sehari naik 4 persen padahal harga emas dunia dan rupiah stabil dan masih banyak lagi oprek oprekan harga dinar yang disebut sih gak wajar. Logika ketika gak wajar bisa jadi : banyak yang jual/beli, cuma dr perputaran ( gak ada pajak pas awal buat jadi harga dinar turun) , atau banyak emas batangan di poolnya dibanding real dinarnya.

– Paling aneh lagi pas bikin Dinar cetakan khusus, untuk cetakan khusus itu harga cetak 250.000 per keping, kenapa bisa jual sama harganya dengan dinar lainnya . Analisis saya adalah mereka penasaran mengapa dinar mereka jual salesnya turun apakah banyak pencetak dinar lainnya. Mereka cerita tentang tkg cukur dimana saling mematikan yg terjadi dia pun mematikan pelaku dinar lainnya,dan Wallahi lama kelamaan dinar pun menjadi kurang menarik.

– Paling miris lagi pertentangan antar mereka, bukan rumor lagi sudah saling menjelekkan, satu bilang dinar ilegal, satu bilang pekak , satu lagi bilang selama belum minta maaf sorry deh dinar ente gak ane buyback. Ujung ujungnya duit, coba cek mana website penjual dinar bahas dinar lagi? euforianya dah beda… walaupun nanti tren emas naik lagi belum tentu orang beli dinar dan saya sarankan JANGAN, bukan karena dinarnya yg jelek tapi banyak hal spt dinarnya masih 22 K, penjualannya tertutup ( bikin org susah , harus pake kuintasi, padahal emas), grafik boong boongan, pool account isinya dinar atau emas pun kita gak tau.

– Sosialisasi dinar hanya sebatas jargon UUD ( Ujung Ujungnya Duit) , padahal pelakunya pun masih ada yg berkaitan dengan riba, mau bukti ? Obrolan saya dengan penggiat dinar bahwasanya tidak bisa meminjam kepada mereka kecuali jaminan dinar dan garis bawahi apa nasihat berikutnya ” Baiknya bapak pinjam ke Bank ”

Tulisan di atas hanya memaparkan apa yang pernah saya rasakan, kasihan kl umat Islam beli dinar hanya karena fanatisme agama, apalagi ternyata penggiat dinarnya saja malah gak paham fiqh muamalah, padahal telah digaungkan kepada kita bahwasanya Khalifah Umar melarang seseorang memasuki pasar tanpa mengetahui apa itu riba ( Fiqh Muamalah).

Tidak ada yg salah Dinarnya karena dinar hanya sarana..

Receive Updates

No spam guarantee.

Related Post

Dinar bukan sekedar Alat Investasi dan Proteksi Ni...   Saya teringat dengan berbagai diskusi dengan rekan rekan penggiat dinar dan dirham di berbagai grup. Pro dan Kontra banyak terjadi, ada yang mengata...
Sekapur Sirih Tampilan baru dan fokus kepada informasi beserta opini dan analisis secara objektif menjadi TAG LINE DINAR BANDUNG, berusaha objektif terhadap perke...
Cara Memproduktifkan Dinar Anda Alhamdulillah sejak saya menulis tentang cara memproduktifkan Dinar yang sudah dimiliki oleh nasabah-nasabah kami pada artikel Langkah Berikutnya D...
Stok Dirham Tersedia Untuk saat ini stok dirham tersedia: 40 dirham Wakala Induk Nusantara ( 30 pecahan 1 , 5 pecahan 2 ) 3 dirham Islamic Mint Nusantara Pe...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *