Seandainya Dinar Seperti Bitcoin

Telaah Hadits Tentang Dinar Dirham
December 28, 2016
Yang Tidak Diajarkan Kebanyakan Penggiat Dinar….( Fiqh Muamalah )
December 30, 2016

Seandainya Dinar Seperti Bitcoin

Orang umumnya beli dinar terus disimpan atau dititipkan, pecahan dinar yang paling banyak ditemukan tentunya 1 dinar, jarang sekali melihat pecahan 2 dinar, 1,2 dinar hingga 1/4 dinar terlebih 1/10 dinar ( belum pernah ada) .

Kalaupun untuk sekedar menabung pecahan apapun tidak masalah, yang akan menjadi masalah adalah jika untuk digunakan dalam membeli suatu barang. 1 dinar jumlah yang sangat besar jika untuk berpindah tangan, misal anda ingin menukar dinar anda dengan produk tertentu tentunya sulit karena minimal nilainya harus sama. Dinar walaupun emas kan gak bisa dipotong, di sisi lain kita kenal bitcoin, bitcoin mudah dibagi hingga ke pecahan terkecil mereka yang disebut 1 satoshi = 1 Satoshi = 0.00000001 ฿ atau dalam rupiah 1 satoshi 0.7 rupiah, 1000 satoshi 700 rupiah.

Ide dinar menggunakan sistem protokol spt bitcoin bisa memudahkan, asal ada pihak ketiga yang berfungsi menyediakan back up 100 % dinar emas (emas batangan sudah ada dengan adanya goldmoney , konon perusahaan ini punya George Soros , red dan penyimpanan emas mereka ada di berbagai kota belahan dunia ini).

Kelebihan dari adopsi sistem seperti bitcoin :

1. Bisa transfer dalam pecahan kecil misalkan kita transfer 0.0001 dinar ke rekening dinar teman kita bisa langsung terkirim hari itu juga, dengan biaya yang sangat rendah. Biaya ini untuk menunjang traffic transaksi dinar.

2. Dinar Otomatis tersimpan dalam wallet kita yang terenkripsi , keamanan terjamin asalkan menggunakan wallet yang benar benar kita setting secure

3. Harga lebih realistis berdasarkan bid/ask, nantinya marketplace disediakan pihak ketiga. Semakin banyak marketplace semakin menarik penggunaan dinar ke depannya dibanding hanya ada satu pihak yg memonopoli harga, sekat dan pakem selisih jual beli 4 % bisa jadi tidak ada, harga semakin mencerminkan harga yang sesungguhnya, bukan buatan pihak tertentu ( catatan selisih 4 % itu kan bisa dimainkan di harga jual belinya, banyak yang jual dinar harga jual nya saja ditekan lagi, kalau banyak beli naikkan saja sesukanya)

4. Dinar dapat menjadi solusi pembayaran, nanti tumbuh payment payment gateway yang menerima dinar sebagai alat pembayaran yang tentunya nanti dikonversi dulu ke dalam rupiah. Bitcoin dikenal bitpay, alternatif pembayaran global.

5. Terhindar dari double spending, dan semua transaksi tercatat di ledger dinamakan blockchain, kita dapat melihat lalu lintas perputaran dinar, kesannya ini seperti PPATK, kurang lebih spt itu :), kalau ada yg transfer, gak bisa ngeles yang terima bilang belum terima dinarnya, lah ada bukti id transaksi di blockchain dan itu tidak bersifat reversibel, kalau dah kekirim yah kekirim, gak ada nama reject atau apapun.

6. Malah jika dibanding bitcoin yang harganya bisa fluktuatif sangat tinggi, maka dinar nanti akan lebih stabil , terpeg oleh harga emas spot sebagai acuannya.

7. Mungkin ke depannya gak ada istilah ” dinar anda tidak diterima karena gak beli dari kami”, kalimat yang menciderai bahwa emas itu universal. Kejadian lucu itu ada penyedia dinar membuat artikel tentang emas yang dibawa pasukan perang, bisa digunakan alat pembayaran dimana saja tapi kalau jual beli dinar, cuma dinar dari mereka saja yang diterima.. Lucu , Aneh Tapi Nyata adanya..

Walau saya pun sdh lama tidak gunakan bitcoin tapi saya masih tertarik dengan cara kerja bitcoin terlepas bitcoin pun bergantung pada pengembangan karena sistemnya yg terbuka. Mengapa dinar tidak dicoba menggunakan sistem blockchain spt halnya bitcoin ? Bukannya lebih menarik kan ?

Johan T Lukman

Receive Updates

No spam guarantee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *