Uang Ideal = Perfect Money
November 12, 2013
Qardh dan Keutamaannya
September 2, 2014

Qordh dan Fiqihnya

Penjelasan Qordh dan Fiqihnya saya ambil dari Yufidia.com. Tema tema mengenai Qordh dan Syirkah akan bersambung karena dinarbandung ingin concern dalam program pemerangan Riba dan program pengembangan Syirkah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Qardh artinya memberikan harta untuk dimanfaatkan dan akan diganti.

Hukum qardh adalah masyru’ (disyariatkan) sebagaimana ditunjukkan oleh keumuman ayat-ayat Alquran dan hadis-hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menerangkan tentang keutamaan tolong-menolong, memenuhi hajat atau kebutuhan seorang muslim, menghilangkan derita yang menimpanya dan menutupi kefakirannya. Kaum muslimin juga sepakat tentang kebolehannya.

 

Disebutkan dalam hadis berikut:

Dari Abu Rafi’, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminjam unta muda kepada seorang laki-laki, ketika unta sedekah tiba, maka beliau pun memerintahkan Abu Rafi’ untuk membayar unta muda yang dipinjamnya kepada laki-laki tersebut. Lalu Abu Rafi’ kembali kepada Beliau sambil berkata, “Aku tidak mendapatkan onta muda kecuali onta yang sudah dewasa.” Beliau bersabda, “Berikanlah kepadanya, sebaik-baik manusia adalah yang paling baik dalam membayar hutang.” (HR. Muslim)

Dari Ibnu Mas’ud berkata, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim memberi pinjaman kepada orang lain dua kali, kecuali seperti sedekahnya yang pertama.” (Hadis hasan HR. Ibnu Majah, lihat al-Irwaa’ 5/226)

Syarat-syarat Qardh dan Sebagian Hukum yang Terkait Dengannya

–  Seorang muslim tidak boleh memberikan pinjaman kepada saudaranya dengan syarat saudaranya mau memberikan pinjaman kepadanya ketika mengembalikan pinjaman, karena orang yang memberikan pinjaman tersebut sama saja mensyaratkan manfaat, sedangkan setiap pinjaman yang menarik manfaat adalah riba, seperti mensyaratkan boleh menempati rumah kontrakan miliknya secara gratis, atau membayarnya dengan murah, atau boleh meminjamkan kendaraannya atau lainnya. Jamaah dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memfatwakan tidak bolehnya hal itu, dan para fuqaha juga sepakat melarangnya.

–   Yang memberikan pinjaman harus seorang yang Ja’izut tasharruf, yakni baligh, berakal dan cerdas yang sah jika memberikan sesuatu secara sukarela.

–   Orang yang memberikan pinjaman tidak boleh mensyaratkan diganti lebih dari harta yang dipinjamkannya, karena hal ini merupakan riba.

–   Jika orang yang meminjam mengembalikan lebih baik dari yang diberikan oleh pemberi pinjaman atau memberikan tambahan kepada pemberi pinjaman tanpa ada syarat atau niat sebelumnya dari pemberi pinjaman, maka hal itu sah, karena ia merupakan sikap tabarru’ (derma) dari peminjam dan membayar secara baik seperti dalam hadis Abu Rafi’ yang telah disebutkan sebelumnya.

–   Pemberi pinjaman memiliki barang yang akan dipinjamkan, dan tidak boleh baginya memberikan pinjaman yang bukan miliknya.

–   Termasuk mu’amalah ribawi adalah yang dilakukan oleh Bank-Bank saat sekarang ini, yaitu melakukan akad pinjaman antara Bank dengan orang-orang yang butuh, lalu Bank memberikan sejumlah uang karena melihat faedah (bunga) yang ditentukan yang diambil oleh Bank melebihi dari pinjaman yang diberikan, atau Bank sepakat dengan peminjam terhadap nilai pinjaman yang diberikan, tetapi Bank memberikan pinjaman yang kurang dari nilai yang telah disepakati dan meminta peminjam mengembalikan secara sempurna. Contoh: Peminjam meminta uang ke Bank 100.000.000,- lalu Bank memberikan 80.000.000,- tetapi Bank mensyaratkan agar mengembalikan 100.000.000,-. Ini juga termasuk riba.

Receive Updates

No spam guarantee.

Related Post

Dinar For Beginner Sesuai judulnya, yang ringan ringan saja pembahasannya, ada berapa sih jenis dinar dan dirham yang bereredar baik di Indonesia dan di luar negeri. ...
Open Dinar Pro – Produktifkan Dinar Anda- Open Dinar Pro - Produktifkan Dinar Anda-  Bagi pembaca atau pengguna dinarnya yang ingin memproduktifkan dalam perputaran jual beli dinar di kota Ba...
Uji Keaslian dan Kadar Dinar dan Emas Anda Untuk Mengetahui Keaslian dan Kadar Dinar dan Emas anda, sebaiknya membaca artikel di bawah, kemudian dicoba dengan menggunakan aplikasi kalkulator di...
Uang Ideal = Perfect Money Semua menginginkan memiliki uang yang ideal, ideal disini uang tersebut selain sebagai alat mengukur kekayaan juga terjaga nilainya sepanjang masa. ...

Comments are closed.