Mengapa Harga Emas Turun Sejak 12 April 2013

Hal Ini Dimulai pada Hari Jumat lalu (12/04/2013) harga Emas dan perak terpukul pada level terendah sejak Juli 2011.  – Sehingga membuat banyak orang yang bertanya-tanya. Dalam dua hari terakhir, emas turun sekitar $70 dan perak off sekitar $1,60 pada titik-titik paling rendah. Jadi apa yang terjadi? Memang ada banyak alasan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Pada Selasa sebelumnya, ketika UBS memangkas emas rata-rata perkiraan harga untuk 2013 untuk $ 1.740 dari $ 1.900. UBS mengutip risiko Federal Reserve AS akan mengakhiri QE yang saat ini lebih cepat dari yang diharapkan, langkah ke ekuitas, inflasi yang rendah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan dolar AS yang lebih kuat.

Kemudian Rabu, Federal Komite Pasar Terbuka bocor (FOMC) menit pertemuan menunjukkan bahwa beberapa anggota percaya biaya dari $ 85.000.000.000 pembelian obligasi bulanan lebih besar daripada manfaatnya.

Kemudian Goldman Sachs memangkas perkiraan harga emas  rata-rata untuk kedua kalinya hanya dalam waktu enam minggu, turun ke $ 1.545 dari $ 1.610. Goldman mengutip pandangan pertumbuhan AS mempercepat ekonomi serta kinerja harga emas baru-baru ini yang lemah.

Dan kemudian muncul laporan bahwa Bank Central Cyprus menjual  senilai € 400.000.000  cadangan emasnya, hampir 75% dari total yang dimiliki. Hal ini terjadi menjelang penandatanganan paket bailout Siprus sebesar €10 miliar atau setara $13 miliar. Kabarnya, Siprus diharuskan menjual cadangan emasnya. Menurut data WGC (Dewan Emas Dunia), Siprus memiliki 13,9 ton emas senilai $691 juta.

Siprus awalnya mempertimbangkan untuk membantah penjualan tersebut. Tapi kemudian Presiden Mario Draghi Bank Sentral Eropa (ECB)  mengatakan Jumat bahwa setiap keuntungan penjualan emas dari Siprus akan perlu digunakan untuk menutupi kerugian yang mungkin timbul dari pinjaman darurat kepada bank komersil. Secara teknis, emas masih memiliki dukungan yang cukup kuat dikisaran $1.450 – $1.550.

Selain Hal diatas, beberapa Analis mengatakan Dollar dan Saham Saat ini Masih dianggap Lebih Untung. Filip Petersson, Analis Komoditas SEB AB di Stockhilm Swedia, mengatakan fokus perhatian investor saat ini adalah kondisi makro ekonomi, ketimbang mendulang untung dari komoditas emas.Karena itu, harga emas di bursa komoditas logam dunia pekan depan (Senin-Jumat 15-19 April 2013) diproyeksikan masih akan turun.

Apa yang Harus Dilakukan Sekarang Ketika Harga Emas Jatuh?

Saran : Anda tetap memegang emas dan perak. Karena Sekarang Saatnya Anda Membeli Sekaligus atau  dalam beberapa tahap selama beberapa bulan mendatang. Karena emas kebal inflasi artinya nilainya tidak akan tergerus inflasi karena nilai emas cenderung di atas inflasi. Dia juga mengatakan, emas lebih tepat disimpan untuk investasi jangka panjang. Selain itu, bisa digunakan untuk diversifikasi investasi seperti deposito, properti, dan saham. Namun Sekali lagi Emas bukanlah instrumen utama untuk investasi, hanya sebagai proteksi nilai tabungan anda untuk janngka panjang (lihat tabel dibawah). Karena investasi sesungguhnya ada disektor real, yang bisa membawa manfaat bagi banyak orang.

Saya percaya harga emas akan berakhir di tahun ini jauh lebih tinggi daripada di mana kita berdiri saat ini, dan saya percaya harga di pasar logam mulia  jauh akan lebih tinggi sebelum semuanya berakhir. Karena hal ini bersifat sementara.

Harga Emas 10 Tahun Terkahir

Harga Emas 20 Tahun Terkahir

Sumber:

  1. http://markets.financialcontent.com/stocks/news/read/23922125/Why_Are_Gold_Prices_Down
  2. http://finance.detik.com/read/2013/04/10/123959/2216438/5/ayo-beli-harga-emas-turun-terus-selama-bulan-januari-april
  3. http://www.bisnis.com/harga-emas-45-analis-perkirakan-harga-turun-pekan-depan

Kontributor: Widy Jantiko. This work by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License. Based on a work at http://dinarbandung.com. Permissions beyond the scope of this license may be available at http://dinarbandung.com/index.php/disclaimer.

Receive Updates

No spam guarantee.

Related Post

DELAPAN MACAM REZEKI DELAPAN MACAM REZEKI 1. Rezeki Yang Telah Dijamin. "Tidak ada satu mahluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezeki...
Mengenal Riba Fadhel (Riba Penambahan)/Riba Pernia... Sahabat Ubadah bin Shamit radhiallahu ‘anhu meriwayatkan dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Emas dijual dengan emas, perak dijual den...
Dinar dan Dirham : Risk and Return… Dinar dan Dirham adalah ibarat sejoli yang hidup berdampingan dalam system mata uang Islam. Bila di situs ini tulisan saya selama ini masih lebih f...
Dinar Riwayatmu Kini…. (2) Kemarin kemarin website kami lupa diperpanjang.. Alhamdulillah sdh diperpanjang lagi.Kepikiran untuk tidak memperpanjang karena kesibukan di hal yan...