Emas Pro – Emas Produktif

Dalam beberapa bulan terakhir kami melakukan trial penjualan emas batangan dengan jumlah stok tidak begitu banyak, mulai dari pecahan 1 – 100 gram. Dan alhamdulillah walau masih trial, kami melihat potensi permintaan emas batangan tinggi di masyarakat Bandung. Kendala sekarang adalah kurangnya pasokan stok LM untuk memulai tata niaga emas batangan.

 

Secara Syar’i Qirad diperbolehkan ( mubah hukumnya), dalam hal ini keberadaan shohibul mal memberikan pinjaman modal kepada mudhorib seberapa modal dengan akad yang disepakati. Dalam hal ini kami akad dalam Qirad adalah akad Mudhorobah, dimana Shohibul Mal memberikan keikutsertaan permodalan dan mudhorib yang melakukan secara penuh usaha yang dijalankan.

Permasalahan dalam tata niaga emas batangan saat ini adalah :

  1. Untuk menyediakan emas batangan lebih sulit dibandingkan dengan Dinar, emas batangan diperlukan penyediaan stok dari mulai 1 gram hingga 100 gram, begitu pula likuiditas yang harus dipersiapkan besar juga. Jika dinar dapat memenuhi permintaan karena satuannya tunggal sedangkan emas batangan diharuskan menyediakan berbagai gramasi mulai dari 1 gram hingga 100 gram.

  2. Untuk memproduksi emas maka diperlukan minimal 12 kg emas mentah untuk satu cycle produksi, dengan asumsi setiap minggu terjual 3 kg dan masuk  produksi 3 kg ( release barang memakan waktu kurang lebih satu bulan atau lebih ). Namun dalam  tahap ini tentunya dilakukan tahap demi tahap bergantung kepada jumlah emas batangan yang diqiradkan. Tahap awal kami masih bergantung kepada Dealer Emas /Pedagang Besar Emas Batangan.

  3. Pengusaha emas muslim yang termasuk skala besar boleh dikatakan sedikit, kebanyakan kita berada di jalur distribusi sebagai reseller. Jalur distribusi biasanya digolongkan sebagai Produsen Emas/Importir Emas dengan kemampuan atau kapasitas produksi – stok dari ratusan kg emas per minggu. Jalur kedua biasanya diisi oleh Pedagang Besar dengan stok / perputaran emas dari kg emas hingga puluhan kg emas per minggu. Dan yang terakhir reseller yang sangat bergantung kepemilikan stok kepada pedagang besar, dan kelemahan ada di stok dan likuiditas.

 

Karena itu ,kami menawarkan program Qirad Emas Pro – Emas Produktif dengan tujuan objektif sebagai berikut :

 

  1. Mempermudah pengadaan stok emas batangan ,mempermudah likuditas dalam tata niaga emas batangan, dan melakukan penetapan harga yang kompetitif serta memberikan nilai tambah pada produk dan jasa jual beli emas batangan.

  2. Tidak ada biaya tambahan untuk shohibul mal dalam hal penyimpanan emas, namun emas yang dimilikinya tetap produktif.

  3. Merintis terbentuknya goldpreneur goldpreneur muslim Indonesia melalui workshop workshop dan jaringan yang akan dibentuk ke depannya.

 

Adapun persyaratan Qirad Emas Pro adalah sebagai berikut :

  1. Penyertaan Emas Batangan produksi Logam Mulia dengan bentuk portrait sebanyak mulai dari  250 gram hingga 6 kg atau Dinar dengan jumlah yang setara di atas.

  2. Shohibul mal menggunakan dana bukan dari pinjaman/gadai bank konvensional ataupun bank syariah.

  3. Memahami hak dan kewajiban Shohibul Mal yang tertuang pada akad Qirad.

 

Sedangkan bagi kami mudhorib berkewajiban :

  1. Menyelenggarakan tata niaga emas batangan yang sesuai syar’i . Perkara syubhat dalam tata niaga emas seperti cicil emas ( murabahah emas), pegadaian emas , berkebun emas kami hindari.

  2. Memberikan informasi yang diperlukan kepada Shohibul Mal.

  3. Melakukan usaha dengan amanah.

 

Untuk informasi mengenai Emas Pro dapat menghubungi kami di 083862900900 – 082373900900 atau di johanlukman@dinarbandung.com

 

Informasi mengenai jenis jenis syirkah dapat ditemukan di artikel http://abufawaz.wordpress.com/2012/11/05/1201/

Receive Updates

No spam guarantee.

Related Post

Pajak Pajak Baru yang Dibebankan kepada Pembeli Em... Ini obrolan saya dengan salah satu pedagang emas di jakarta, tentang adanya punggutan pajak pada emas batangan. Dalam kasus disini memang tidak dibe...
Uji Keaslian dan Kadar Dinar dan Emas Anda Untuk Mengetahui Keaslian dan Kadar Dinar dan Emas anda, sebaiknya membaca artikel di bawah, kemudian dicoba dengan menggunakan aplikasi kalkulator di...
Hukum Dana Talangan Ibadah Haji :: Solusi atau Mas... Dana Talangan Haji banyak ditawarkan oleh berbagai institusi perbankan ada yang konvensional dan juga ada dari bank syariah. Jikalau itu dari bank kon...
Dinar dan Dirham : Risk and Return… Dinar dan Dirham adalah ibarat sejoli yang hidup berdampingan dalam system mata uang Islam. Bila di situs ini tulisan saya selama ini masih lebih f...